Motor matic merupakan kendaraan yang beroda dua dan merupakan tipe motor yang mengalami kenaikan penjualan pada tiap tahunya. Karena memang motor jenis ini sangat diminati banyak orang karena disamping unik juga mudah memakainya.
1. Memanaskan Motor Setiap Hari
cara ini biasa kita lakukan pada pagi
hari sebelum menggunakan motor, hal ini dilakukan supaya oli dalam mesin siap
melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin bisa lebih maksimal, panaskan motor
kurang lebih 5 menit sampai 10 menit sebaiknya menggunakan kick stater saja
jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray
dari motor tersebut. jika sudah merasa cukup jangan lupa tarik ulur gas supaya
oli cukup panas dari mesin motor.
2. Stabilkan Kecepatan Gas
Tips kali ini biasanya sering
dilakulan oleh pengguna motor matik yakni Saat kecepatan motor dalam
kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya saat
motor berada dalam kecepatan rendah langsung kita gas tanpa sadari hal ini akan
merusak masa umur mesin. dengan kecepatan yang tidak stabil buka hanya akan
merusak mesin namun sampai juga pada Fan Belt motor, untuk sobat yang belum
tahu apa itu Van Belt, van Belt sendiri seperti halnya rantai pada motor bebek
atau sport hanya saja terbuat dari karet, usahakan ganti 3 tahun sekali untuk
meminimalisir fant belt putus dijalan.
3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin
Tips Merawat Motor Matic selanjutnya
Kebanyakan dari kita pastinya mengisi bahan bakar pada saat bahan bakar mau
habis, namun parahnya banyak pengguna motor matic yang sampai kehabisan bahan
bakar, entah apapun alasannya hal seperti ini sangat tidak dianjurkan karena
akan sangat tidak baik untuk mesin, usahakan selalu motor matic sobat jangan
sampai menunjukan indikator E pada speedometer, dan usahakan motor berisi bahan
bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut. dengan motor sering mogok
karena kekurangan bahan bakar tentunya akan sangat tidak baik.
4. Rutin Ganti Oli
Perawatan yang satu ini sangatlah
penting dan merupakan perawatan wajib Untuk jadwal pergantian oli biasanya
motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor
(oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM. jika sobat sulit
menghitung dengan speedometer maka sobat bisa melakukan perawatan rutin ini
setiap 2 – 3 bulan sekali, jangan lupa juga gunakan oli yang lebih condong ke
spesifikasi motor matic, dengan mengganti oli berkala pastinya akan menjaga
performa mesin.
5. Perawatan AKI
Memang sangat sulit untuk mengetahui
kondisi aki yang berada pada motor matic, pastinya pengguna motor matic
pernah mengalami motornya mengalami Mati AKI, dengan matinya aki motor pastinya
sobat akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan
berkurang, yang jelas pastinya saat sobat mau menghidupakan motor harus
menggunakan kick starter pastinya akan sedikit repot jika matic yang sobat
gunakan memiliki bobot yang besar, maka sedikit saran sobat bisa menggnati AKI
dalam 7-8 bulan setelah penggantian terahir.
6. Memeriksa Busi Motor
Sangat tidak wajar jika anda sudah
memeriksa aki pada motor lalu tidak memeriksa busi motor. Busi yang terdapat
pada motor sangat berguna agar motor bisa menyala dan digunakan. Tanpa adanya
komponen motor yang satu ini, motor tidak akan bisa digunakan. Usahakan secara
rutin mengecek busi pada motor anda. Kalau sudah tidak berfungsi, segera ganti
dengan busi yang baru.
7. Memeriksa Roler dan Ventbelt
Ventbelt berfungsi sebagai gerak pada
motor matic. Vantbelt sama saja dengan rantai yang terdapat pada motor bebek
yang lain. Pada motor bebek yang perlu di cek adalah rantai motor dan gear
sedangkan untuk motor matic anda harus mengecek pada roler dan ventbelt. Jika pada
saat anda cek roler dan vantbelt sudahterlalu lama dan tidak layak untuk
dipakai, maka segera ganti dengan yang baru.
8. Mengganti Oli Shockbreaker
Pada segala motor bukan hanya pada
motor matic saja, pastinya terdapat yang namanya oli shockbreaker. Oli ini
bukan hanya terdapat pada mesin motor, tetapi juga pada Shockbreaker nya.
Biasanya akan dilakukan pergantian oli ini jika motor sudah mencapai jarak
10000KM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar